LAPAR SAAT MALAM? 10+ CAMILAN AMAN SAAT MALAM HARI

September 01, 2020


Sulit tidur di malam hari bikin lapar tetapi enggan makan berat. Snack alias kudapan pun bisa jadi pilihan yang tepat loh!. Tapi, tentu saja kamu perlu cermat karena bisa-bisa makanan ringan yang tidak tepat justru bisa memicu kegemukan yaaa, simak yuk beberapa makanan dan minuman yang aman untuk di konsumsi pada malam hari.

1. Pisang

Buah pisang sangat bisa menjadi penyelamat rasa lapar kamu di malam hari. Buah ini mengandung potassium yang juga berkhasiat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, potassium juga memiliki fungsi lain terhadap kesehatan kardiovaskular dan kognitif. Buah pisang yang dapat dikonsumsi tanpa ribet menjadi salah satu keunggulan mengapa jenis makanan ini tepat untuk dijadikan camilan di saat begadang.

Pisang merupakan merupakan buah yang mengandung tryptophan. Tryptophan merupakan asam amino yang bisa dikonversi menjadi serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin adalah zat kimia alami di dalam otak yang memberikan efek relaksasi. Senyawa inilah yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.


 2. Puding coklat

Mungkin terdengar aneh yaaa, tapi faktanya puding cokelat tak berbahaya jika kamu konsumsi saat malam hari. Seporsi puding cokelat hanya mengandung sekitar 90-100 kalori. Hal ini tentu gak akan membuat tubuhmu makin melar. Selama dalam porsi yang wajar ya ^^


3. Dark coklat

Cokelat dikenal sebagai makanan pantangan bagi orang-orang yang ingin menjaga berat badannya agar tetap ideal. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis cokelat memiliki kandungan yang sama yang dapat menaikkan berat badan kamu. Ada perbedaan besar pada kandungan yang ada di permen cokelat yang biasa dijual di toko dengan coklat yang kaya akan kakao seperti dark chocolate.

Cokelat murni atau dark coklat tidak berbahaya, dimakan sesaat sebelum tidur. Cokelat hitam kaya antioksidan dan serat, sehingga membuatmu cukup merasa kenyang tanpa takut kadar gula yang tinggi. Dark chocolate tidak banyak mengandung gula seperti pada cokelat biasa. Bahkan, dark chocolate mengandung antioksidan yang memiliki berbagai manfaat seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, melawan peradangan, dan memperbaiki mood kamu. Sebaiknya konsumsi satu ons dark chocolate dengan kandungan 70% kakao atau lebih ketika kamu bersantai di malam hari.


4. Cornflakes

Sereal cokelat memang mengandung banyak gula, tetapi jenis cornflakes tetap aman dikonsumsi saat malam hari. Cornflakes mengandung banyak serat dan rendah gula.


5. Keju dan crackers

Keju dan crackers adalah kombinasi protein dan karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh apabila dimakan dalam jumlah yang tepat. Keju mengandung protein dan lemak yang dapat membantu kamu agar merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, keju juga mengandung amino acid-tryptophan yang membuat kamu merasa mengantuk. 


6. Kacang pistachio

Kacang pistachio adalah camilan yang baik kamu konsumsi ketika begadang karena untuk membuka kulitnya, kamu butuh waktu lama dan usaha yang lebih. Sehingga, hal ini akan memperlambat kecepatan kamu dalam memakan camilan ini. Semakin lambat kamu makan, semakin sedikit pula kacang pistachio yang kamu konsumsi.

Dengan mengonsumsi kacang pistachio, kamu telah mengonsumsi lebih dari 49 kacang biasa karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Kacang pistachio mengandung serat, biotin, vitamin B6, thiamin, folat, lemak tak jenuh, dan sterol tumbuhan. Kombinasi dari cara makan yang lambat dan kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada kacang biasa inilah yang menjadikan kacang pistachio camilan yang baik di malam hari.


7. Popcorn

Popcorn lazimnya menjadi teman untuk nonton bioskop. Namun, popcorn juga bisa jadi teman untuk begadang. Satu kantong popcorn biasanya hanya mengandung sekitar 100 kalori. Jadi, popcorn gak akan bikin tubuhmu makin gemuk deh.


8. Susu Madu Hangat

Selain mengandung berbagai nutrisi yang mengenyangkan, susu juga mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah hormon yang memunculkan rasa tenang dan senang. Untuk mendapatkan asupan gula yang mudah dicerna dan menstimulasi hormon yang mendorong terbentuknya serotonin, kamu bisa mencampurkan madu ke dalam susu hangat kamu. Dengan demikian, kamu akan tidur lebih nyenyak dan perut lebih kenyang.


9. Frozen Blueberry

Buah blueberry dapat meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Selain itu, buah berwarna biru yang kaya akan antioksidan ini juga rendah kalori. Agar lebih sehat, blueberry dapat dimakan dalam keadaan beku atau dingin agar lebih segar. Buah ini juga nikmat jika dicampur dengan sedikit krim atau yoghurt.


10. Bubur kacang hijau

Tak hanya kaya serat, kacang hijau juga rendah lemak. Jadi kacang hijau bukan masalah besar jika kamu konsumsi pada malam hari.


11. Selai Kacang

Selai kacang alami adalah selai kacang yang tidak ditambah minyak palem sebagai penyeimbang dan tanpa gula. Selai kacang alami mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat, vitamin E, niacin, folat, dan protein. Kamu bisa mengonsumsinya bersama roti gandum dan utuh. Dengan demikian, kamu telah mendapatkan karbohidrat kompleks, protein, dan tryptophan.


12. Oatmeal

Oatmeal yang dikenal sebagai makanan di pagi hari sama sekali tidak masalah apabila dikonsumsi pada malam hari. Oatmeal mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein dan karbohidrat kompleks yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat cocok jika dikonsumsi di malam hari.

Semangkuk susu dan oatmeal hangat adalah camilan malam yang sehat, karena merangsang sekresi melatonin dan serotonin di tubuh, hormon yang membuat kamu tidur nyenyak.


13. Ikan tuna

Ikan tuna mudah dicerna dan dapat menghilangkan rasa lapar, karena mengandung banyak protein. Selain itu, ikan tuna juga kaya vitamin B6 yang dapat membantumu mencerna protein dan lemak, serta mencegah gangguan sistem saraf.


Selain memilih makanan ringan atau camilan yang sehat, kamu juga harus mengerem diri dari makan secara berlebihan. Pilih makanan rendah kalori dan juga low carbo dan batasi dalam jumlah kecil. Pilihlah makanan yang membuat kenyang dengan cepat dan usahakan agar kamu bisa tidur setidaknya 1-2 jam setelahnya. Pilihan minuman pendamping seperti jahe hangat atau teh kamomil juga bisa membantu kamu rileks dan tidak terjaga semalaman.

Baca juga : Tips ampuh untuk diet




Untuk update terbaru tentang makanan
cek sosial media kami yaa :


Hubungi WA admin : 0858 5458 1175
Kerjasama dengan kami ? EMAIL ke : hi@tyeaan.id

source : bpguide dan idntimes

You Might Also Like

0 comments